SAP01 Fundamental – Unit 1 Introduction (Bahasa Indonesia)

SAP-Logo

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai fundamental SAP dengan referensi modul course SAP01 Fundamental Overview. Kita mulai dengan unit 1 yaitu introduction. Unit 1 ini membahas mengenai sejarah SAP.

Sebelum masuk kedalam pembahasan SAP, kita bahas dulu apa itu ERP (Enterprise Resource Planning). ERP adalah sistem yang digunakan untuk mengintegrasikan seluruh bagian atau divisi perusahaan untuk mendapatkan data yang nantinya digunakan sebagai pengambil keputusan.  Yang dimaksud dengan integrasi yaitu proses bisnis yang dilakukan dari hili ke hulu menggunakan master data yang sama dan bisa dilihat dari berbagai modul (bagian).

SAP merupakan kependekan dari Systems Application and Products in Data Processing. SAP didirikan pada tahun 1972 di Weinheim, Jerman oleh lima mantan pegawai IBM yang masing-masing bernama Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, and Hans-Werner Hektor. Pada saat itu SAP memiliki kepanjangan System Analysis and Program Development.

pada awal tahun 2019 ini, SAP sudah memiliki kurang lebih 420.000 customer di 180 negara dunia. Pesaing produk SAP dibidang ERP adalah Oracle, Microsoft Dynamics dan lain-lain. Employee SAP mencapai kurang lebih 35.000 (2005) dan 96.000 (2019) diseluruh dunia yang memiliki profesinya masing-masing, diantaranya Developers, Consultants, Trainers, Accountants dan lain-lain.

Gambar 1 Unit 1

Customer dan partner SAP (2005) antara lain Coca-cola, Volkswagen, Sony, Siemens, Honda dan lain-lain. Untuk perusahaan yang ada di Indonesia juga sudah mengimplementasikan SAP seperti, Pertamina, Garuda Indonesia, Semen Baturaja, ASDP Indonesia Ferry dan lain-lain.

Gambar 2 Unit 1

Program dan sponsor SAP diantaranya adalah program trainer mahasiswa, sponsor klub sepakbola seperti Manchester City dan tim nasional Jerman, bahkan pada tahun 2019 ini SAP sudah masuk kedalam ranah esports untuk keperluaan data analytical dan menjadi sponsor tim Liquid.

Gambar 3 Unit 1

Produk yang dimiliki oleh SAP (2005) ada tiga sesuai dengan ukuran perusahaan. Tiga produk tersebut yaitu, mySAP Business Suite / mySAP ERP, mySAP All-in-One (small-midsize company) dan SAP Business One.  SAP memiliki modul atau bagian utama, yaitu Accounting, Human resource dan Logistics.

Gambar 4 Unit 1

SAP memiliki produk yang diperuntukkan untuk perusahaan yang bergerak dibidang industri. Produk SAP mendukung beberapa industri, yaitu otomotif, perbankan, industri obat-obatan, kesehatan, logistics dan jasa, pertambangan, perminyakan serta banyak lagi.

Gambar 5 Unit 1

Modul yang terdapat pada SAP yaitu,

SD (Sales and Distribution)

Modul yang digunakan untuk mencatat pesanan penjualan dan jadwal pengiriman informasi kepada pelanggan.

MM (Material Management)

Mengelola pembelian barang mentah dari supplier serta penanganan barang mentah tersebut hingga menjadi barang yang siap didistribusikan kepada pelanggan.

PP (Production Planning)

Digunakan untuk mengelola perencanaan dan penjadwalan produksi.

QM (Quality Management)

Modul yang digunakan untuk merencanakan pencatatan kualitas suatu produk atau material yang nantinya akan diproduksi. Modul ini juga digunakan untuk inspeksi produk

PM (Plant Maintenance)

Digunakan untuk mengelola resource atau sumber daya di pabrik seperti mesin untuk mengurangi kemungkinan kerusakan mesin

AM (Asset Management)

Mengelola aset yang dimiliki oleh perusahaan seperti mesin atau teknologi yang memiliki depresiasi

HR (Human Resource)

Mengelola seluruh kegiatan karyawan seperti rekruitasi, penggajian, pelatihan dan perjalanan dinas karyawan

PS (Project System)

Perencanaan konstruksi dan pemasaran yang berbentuk proyek.

FI (Financial Accounting)

Mencatat transaksi umum pada akun general ledger yang nantinya akan menghasilkan laporan keuangan eksternal

CO (Controlling)

Melayanan keuangan internal perusahaan seperti biaya produksi dan profitabilitas

Gambar 6 Unit 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *