Tutorial SAP – Cara Menampilkan Transaction Code di Menu SAP

SAP-Logo
Transaction code memiliki fungsi untuk menghemat waktu user dalam menjalankan transaksi pada SAP. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menampilkan transaction code didalam SAP easy access untuk mengetahui kode transaksi dalam menggunakan SAP. Karena pada settingan dasar SAP, menu easy access tidak memberikan informasi mengenai transaction code dan apabila kita akan menjalankan transaksi, kita harus breakdown menunya seperti pada gambar dibawah ini :
1.2 Menampilkan Tcode

Jika kita perhatikan, menu tersebut hanya terdapat deskripsi transaksi saja, untuk menampilkan transaction code transaksi tersebut berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1.      Buka aplikasi SAP masukkan client, user dan password lalu tekan enter.

1. Menampilkan Tcode

2.    Jika login berhasil, kita akan masuk dimenu utama SAP. Pada menubar diatas, klik extras dan pilih settings.

2. Menampilkan Tcode

3.  Akan muncul pop-up menu settings yang dipilih sebelumnya. lalu centang display technical names dan pilih OK.

3. Menampilkan Tcode

4.  Pada SAP easy access, transaksi yang kita tampilkan sebelumnya selain memiliki deskripsi transaksi, akan muncul transaction code yang dapat kita jalankan melalui command field.

4. Menampilkan Tcode

Settingan yang telah kita terapkan akan tersimpan pada user kita secara otomatis. Jadi user tidak perlu khawatir untuk melakukan pengaturan ini secara terus menerus. Lalu bagaimana caranya untuk mengelompokkan beberapa transaction code dalam satu folder ? caranya adalah dengan menggunakan fitur favorites yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *