Tentang SAP – Cara View Technical Names Fields

SAP-Logo

Didalam SAP, seluruh data baik master data maupun data transaksi yang ada akan disimpan didalam table. Didalam table terdiri atas banyak field yang dimana field tersebut sebagai penghubung user untuk menginputkan data. Contohnya jika kita memiliki tabel cost center, maka didalam tabel tersebut terdapat field name cost center, profit center, tanggal valid dan lain-lain.

Nama field dari sisi user dan dari sisi technical tentu berbeda. Untuk mengetahui nama technical field dan table dapat dilakukan dengan cara menekan F1.

Gambar 1 (Technical Names)
Gambar 1 (Technical Names)

Maka akan muncul penjelasan dari field tersebut. Untuk menampilkan struktur dari field tersebut dapat kita klik technical information.

Gambar 2 (Technical Names)
Gambar 2 (Technical Names)

Maka nama teknikal dari field tersebut dan table tersebut akan muncul. Untuk document date memiliki nama BLDAT dan disimpan ditable BKPF. Untuk melihat detail dari field atau table dapat dilakukan dengan cara doubleclick field tersebut.

Gambar 3 (Technical Names)
Gambar 3 (Technical Names)

Berikut ini adalah detail dari field tersebut.

Gambar 4 (Technical Names)
Gambar 4 (Technical Names)

Nama teknikal / technical name ini dapat digunakan untuk membuat custom program, untuk menampilkan isi table dan lain-lain. Cara tersebut berlaku diseluruh transaksi yang ada di SAP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *